RSS

BATU ALAM ANDESIT ALTERNATIF SUSUN SIRIH

Batu Susun Sirih sudah lama menjadi favorit, sangat disukai karena unsur alamnya dan tradisionalnya kuat. Batu Susun sirih aslinya adalah berasal dari lembaran batu lempengan (templek) kemudian dipahat persegi menjadi ukuran kecil +/- 4×20~30 cm. Karena dipahat manual maka bentuk perseginya tidak mungkin atau bisa dikatakan jauh dari presisi. Juga ketebalan bervariasi karena merupakan ketebalan batu templek aslinya.
Batu Susun Sirih dipasang posisi tidur, jadi yang diperlihatkan adalah tampilan 1 sisi sampingnya alias ketebalannya. Jadi untuk 1 M2 terpasang membutuhkan batu yang relatif sangat banyak, bisa mencapai 500 buah batu. Pemasangannya relatif rumit akibat ukuran dan bentuk yang sangat bervariasi, dibutuhkan keahlian tersendiri supaya terlihat rapih, tidak renggang ataupun bergelombang naik turun.
Akibat produksinya yang dipahat secara manual, jumlah batu yang banyak dan pemasangannya yang rumit dan lama menjadikan harga Batu Susun Sirih ini relatif mahal berkisar Rp. 500.000,- per M2.

ALTERNATIF SUSUN SIRIH
Apabila Anda menginginkan batu Susun Sirih ini tapi terkendala biaya, maka sebagai alternatif dapat menggunakan jenis batu sebagai berikut :
1. Batu Sisa Siku
Batu ini relatif murah karena berasal dari limbah sisa produksi yaitu sisa siku batu andesit ukuran. Tanpa diproses apapun, jadi bentuknya dan ukurannya juga sangat bervariasi. Ketebalannya juga bervariasi tergantung sisa produksi batu ukuran, tapi paling banyak tersedia adalah ukuran 1.5 – 2 cm.

Pemasangannya juga batu posisi tidur sehingga pemasangannya juga cukup rumit. Sering juga akibat tanpa diproses apapun, warna agak gelap, tercampur dengan warna coklat atau hitam. Jadi hasilnya masih memiliki unsur alam yang kuat.
Kisaran harga terpasang Rp. 300.000,- per M2.

 2. Batu Andesit Pahat 1 Sisi

Batu ini juga relatif murah karena juga berasal dari limbah produksi batu andesit. Bedanya batu ini diproses dengan mesin sehingga ukurannya dapat dikatakan sama. Umumnya lebarnya 3 cm dengan panjang tersedia dalam beberapa ukuran (15, 20, 30 dan 40 cm). 1 sisi mukanya dipahat supaya kasar atau alamiah. Cukup menarik karena bentuk pahatan relatif seragam. Untuk pemasangan cukup mudah karena tidak posisi tidur dan ukurannya yang sama.
Apabila batu ini memang diproses secara benar, maka warnanya umumnya bersih dan ukuran cukup presisi. Tetapi kadang produsen suka nakal batu jenis ini dicampur dengan batu kulit dimana permukaan batu tidak dipahat tetapi sesuai dari alamnya dimana kontour berbeda dengan yang dipahat dan kadang warna tidak bersih (tercampur hitam dan coklat). Agak sulit untuk memilih karena batu ini dijual dalam keadaan terikat (10 buah menjadi 1 ikat). Jadi apabila Anda menginginkan warnanya semua bersih ingatkan pada saat membeli supaya berhati-hati dan meminta garansi apabila batu tercampur dapat ditukar.
Kisaran harga terpasang Rp. 350.000,- per M2.

Iklan
 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: